Tanda-tanda ringan diabetes yang tidak boleh anda abaikan

Tanda-tanda-ringan-diabetes
Diabetes adalah sebuah penyakit degeneratif yang memuncaki penyebab kematian tertinggi yang sebenarnya dapat diantisipasi dengan tidak mengabaikan tanda-tanda ringan diabetes yang muncul sebelumnya. Rangkaian komplikasi dari diabetes sangat menakutkan dan tidak tidak kalah hebatnya. Beberapa komplikasi dari diabetes meliputiI penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan kaki amputasi  serta tentu saja kematian.

Risiko ini dapat dikurangi dengan pengobatan, tapi masalahnya adalah bahwa satu dari empat orang dengan gejala diabetes tidak tahu mereka sedang menderita diabetes.

Daftar dibawah ini adalah tanda-tanda ringan diabetes yang tidak boleh anda abaikan. Tapi artikel ini sama sekali bukan artikel medis dan bila anda merasa ada yang salah dengan tubuh anda sekalipun tidak ada dalam daftar tanda-tanda dibawah ini, maka nasihat medis dari dokter lebih berguna. Penulis sendiri pernah mengalami salah tanda-tanda dibawah ini, yaitu seringnya berurine, dan sempat ketakutan akan gejala diabetes namun faktanya bukan itu penyebabnya.

Berikut tanda-tanda ringan diabetes yang tidak boleh anda abaikan :

1. Haus yang berlebihan dan buang air kecil.

Ini adalah salah satu tanda yang paling umum dari diabetes. Jika Anda tidak bisa memuaskan dahaga Anda dan sering ke kamar mandi cara yang lebih dari biasanya, bisa jadi adaa kelebihan glukosa dalam darah Anda.

Logikanya, ketika ini terjadi, ginjal harus bekerja ekstra keras untuk menyaring gula/glukosa, yang menyebabkan seringnya buang air kecil itu. Serignya buang air kencing akan menyebabkan dehidrasi dan inilah penyebab selalu dahaga.

2. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan disertai rasa lapar yang konstan.

Terjadinya secara tiba-tiba penurunan berat badan yang tidak ada hubungannya dengan diet atau berolahraga. Agak sulit untuk mengukur parameter seberapa banyak penurunan berat badan Anda diamana anda harus mulai kwatir soal itu, tetapi jika Anda kehilangan sekitar lima persen dari berat badan Anda dalam enam bulan sampai satu tahun, sudah saatnya Anda konsultasi ke dokter.

Penurunan berat badan ini sebagian disebabkan oleh hilangnya kalori karena seringnya buang air kecil, dan terjadi lingkaran setan dimana darah terus menerus menyimpan gula dari makanan yang kemudian dikeluarkan lagi oleh ginjal dan menimbulkan rasa lapar yang terus menerus.

3. Seringnya kelelahan kronis.

Jika Anda merasa lelah sepanjang hari ditambah mengalami gejala lain di daftar ini, bisa jadi akibat dari dehidrasi dari seringnya buang air kecil. Walaupun tidak selalu demikian (tidak harus selalu terlalu sering buang air kecil), kelelahan kronis secara terus menerus bisa juga dikaitkan dengan diabetes dimana tubuh Anda mengalami kesulitas menyediakan energi untuk aktivitas anda sehari-hari.

5. Penglihatan kabur.

Jika Anda mengalamipenglihata tiba-tiba kabur, ini bisa jadi karena hasil dari kelebihan glukosa penyebab penebalan darah Anda. Saat ini terjadi, tubuh kita menarik cairan dari jaringan di sekitarnya untuk mengkompensasi penebalan darah ini dan mata tidak terkecuali.

Proses ini menyebabkan penurunan  cairan  ke lensa mata Anda  yang menyebabkan mata menjadi sulit untuk fokus. Jika tidak segera diobati, proses diabetes ini dapat membentuk pembuluh darah baru di retina mata, yang berisiko potensial pada gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan total.

5. Lambatnya penyembuhan luka.

Lambatnya penyembuahan luka  tampaknya menjadi gejala umum pada gejala diabetes. Kadar gula darah yang tinggi mengganggu proses penyembuhan alami tubuh, walau penelitian masih belum menemukan hubungan dari itu.

6. Lebih sering terkena infeks

Sama seperti efek diabetes pada proses lambatnya penyembuhan luka, tidak ada jawaban pasti mengapa orang dengan diabetes lebih rentan terhadap infeksi daripada orang tanpa itu. Tapi dokter dan para penderita sama sepakat bahwa peningkatan kerentanan terhadap infeksi adalah gejala umum dari diabetes.

Pasien diabetes perempuan ternyata  lebih mudah terkena infeksi kandung kemih dan infeksi vagina.

7. Kesemutan dan rasa terbakar atau mati rasa di tangan dan kaki.

Juga disebut neuropati diabetes, sensasi ini adalah hasil dari kerusakan saraf akibat gula darah tinggi. Penebalan gula darah kaya cenderung mengalahkan serabut saraf tubuh, terutama di kaki dan kaki.

8. masalah mendadak dengan kulit.

Salah satu tanda yang paling jelas dari diabetes adalah tiba-tiba munculnya berbagai kondisi kulit. Penyakit ini dapat menyebabkan pembentukan bisul, bisul dan dalam kasus yang jarang terjadi kuli melepuh yang dikenal sebagai bullosis diabeticorum.

Diabetes juga dapat mempengaruhi warna kulit dengan menyebabkan vitiligo yaitu cerahnya kulit di sebaian tubuh atau acanthosis nigricans yang berkesabalikan yaitu menggelapkan kulit di sekitar leher dan ketiak.

Rangkain gejala ringan munculnya diabetes diatas sama sekali tidak boleh anda remehkan. Segera konsultasilah ke dokter apabila tanda-tanda ringan diabetes tadi muncul. Semoga manfaat.

0 Response to "Tanda-tanda ringan diabetes yang tidak boleh anda abaikan"