Fakta Menarik tentang Bumi

fakta bumi
Anda sudah hidup di Planet Bumi sepanjang hidup Anda, tapi berapa banyak yang Anda benar-benar tahu tentang tanah di bawah kaki Anda? Banyak fakta menarik tentang tanah tempat kita berpijak yang disebut bumi ini. Ada banyak fakta menarik tentang bumi yang Anda tahu atau tidak tahu.

Lempeng tektonik menjaga agar bumi nyaman
Bumi adalah satu-satunya planet di tata surya dengan lempeng tektonik. Kerak bumi dipecah menjadi bagian-bagian yang dikenal sebagai lempeng tektonik. Lempeng ini mengambang di atas lautan magma bumi dan dapat bergerak serta bertabrakan terhadap satu sama lain. Ketika dua lempeng tektonik bertabrakan, salah satu lempeng dapat menelusup dibawah lempeng yang lain. Peristiwa ini menyebabkan gempa dengan segala efeknya bagi permukaan lempeng.

Tapi tahukah anda? Proses ini sangat penting. Ketika makhluk mikroskopis di laut mati, mereka jatuh ke dasar laut. Sisa-sisa kehidupan ini yang banyak mengandung karbon ini dibawa dasar bumi untuk didaur ulang. Peristiwa ini juga menarik karbon dari atmosfer, yang akan membuat bumi tidak mendapatkan efek rumah kaca yang terjadi di Venus.

Tanpa lempeng tektonik, tidak akan ada cara untuk mendaur ulang karbon ini, dan bumi akan menjadi sangat panas.

Bumi bulat "hampir" seperti bola
Bentuk bumi dapat digambarkan sebagai sebuah benda bulat, sebulat bola. Tapi rotasi bumi menyebabkan khatulistiwa menonjol. Jarak diameter dari kutub utara ke kutup selatan lebih pendek 43 km dari panjangnya garis khatulistiwa.

Itulah sebabnya, sekalipun gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest, tetapi gunung yang tertinggi bila diukur dari pusat bumi adalah Gunung Chimborazo di Ekuador.

Bumi sebagian besar terdiri dari besi, oksigen, dan silikon
Jika Anda dapat memisahkan material bumi, Anda akan mendapati material dengan komposisi 32,1% besi, 30.1% oksigen, 15.1% silikon, dan magnesium 13,9%. Sebagian besar besi berada jauh pada inti dari bumi. Jika Anda benar-benar bisa turun dan mengambil sampel dari inti bumi, maka komposisinya menjadi besi 88%. Sedangkan 47% elemen dari kerak bumi terdiri dari oksigen.

70% permukaan bumi diliputi dalam air
Ketika astronot pertama kali pergi ke ruang angkasa, mereka melihat bumi nampak menjadi biru. Ini tidak mengherankan. 70% dari planet kita ditutupi dengan lautan. 30% sisanya adalah tanah padat, menjulang di atas permukaan laut.

Tebal atmosfer bumi  10.000 km
Ketebalan dalam pertama adalah sekitar 50 km atau lebih, tetapi sesungguhya, walau tak terasa lagi, atmosfer bumi mempunyai ketebalan sekitar 10.000 km dari atas permukaan planet. Ini lapisan terluar atmosfer yang disebut exosphere, dimulai sejak sekitar 500 km di atas permukaan bumi. Seperti informasi tadi, ketebalan atmosfer hingga 10.000 km di atas permukaan. Pada titik ini, partikel-partikel yang ada bergerak bebas dapat tidak terpengaruh tarikan gravitasi bumi.

Tetapi diketinggian ini oksigen sangat sangat tipis. Sebagian besar atmosfer bumi ini beradadekat dengan permukaan bumi. Pada kenyataannya, 75% dari atmosfer bumi berada dalam11 km pertama di atas permukaan planet.

Inti besi cair bumi menciptakan sebuah medan magnet
Bumi adalah seperti magnet besar besar, dengan 2 kutub di bagian atas dan bawah. Medan magnet ini sangat luas hingga keluar ribuan kilometer jauhnya – sebuah wilayah yang disebut magnetosfer.

Bersyukurlah ata keberadaan magnetosfer. Tanpa itu partikel dari angin matahari akan menerpa bumi secara langsung, memanggang bumi dengan radiasi..Magnetosfer menyalurkan radiasi angin matahari mengelilingi bumi dan membuangnya keluar, melindungi kita dari bahaya.

Bumi tidak berputar 24 jam pada porosnya
Waktu yang dibutuhkan bumi untuk berotasi adalah 23 jam, 56 menit, 4 detik. Para astronom menyebutnya hari sideris. Masalah sekarang kemana 4 menit yang hilang itu?

Itulah beberapa fakta menarik tentang bumi kita ini.


0 Response to "Fakta Menarik tentang Bumi"