4 cara ilmiah melupakan kekasih yang telah pergi (mantan)

4 cara ilmiah melupakan kekasih yang telah pergi
Kehilangan kekasih bukanlah sebuah peristiwa bisa dilewati dengan mudah. Pada banyak orang untuk melupakan kekasih yang telah pergi (dan jadi sekedar mantan) butuh waktu cukup lama. Bahkan ada yang begitu beratnya menahan perasaan sakit / patah hati harus mengalami gangguan kejiwaan, depresi sampai bunuh diri. 

Mengapa Anda begitu sulit melupakan kekasih anda yang telah pergi?

Mengapa itu begitu sulit untuk melupakan dan melepaskan seorang mantan? Begitu banyak sejarah, cerita atau hal-hal yang seakan semakin menguatkan ingatan an. Apa pun yang mengingatkan Anda tentang mantan Anda dapat membuat Anda kembali dipenuhi perasaan sakit hati, kerinduan, benci dan semua perasaan yang meluap campur aduk menyiksa.

Menjadi single/jomblo juga mengaburkan logika anda. Kebiasaan sekian lama bersama kekasih anda yang tiba-tiba hilang adalah bencana bagi anda. Tak peduli bahwa hubungan anda dulunya adalah semacam bencana bagi anda dan tak peduli juga bahwa anda telah menyia-nyiakan waktu atau masa depan anda, faktanya kehilangan kekasih anda membuat anda menjadi limbung. Mungkin selama sekian lama, setiap hari anda mendapatkan sejumlah pesan lewat sms, bbm atau WA dari kekasih anda dan itu menjadi semacam hal yang "harus" mengisi hari-hari anda dan anda sulit membayangkan tanpa itu semua. Dalam kadar tertentu bahkan anda sampai taraf tidak percaya akan menemukan hal-hal itu lagi bersama orang lain.

Semua perubahan memerlukan pembiasaan dan itu celakanya tidak mudah. Tapi berikut ini ada 4 tips yang secara ilmiah terbukti membantu melupakan kekasih yang telah pergi (mantan) :

1. Menemukan Role Model/Panutan

Ilmu pengetahuan membuktikan bahwa kita dapat "menangkap" kemauan dari orang-orang yang kita kagumi dan mampu membuat kita lebih kuat terutama dalam tekad. Role Model atau panutan ini bisa saja bintang film kesayangan anda, penyanyi, tokoh politik atau bahkan mungkin orang-orang disekitar anda. Carilah satu panutan yang mengalami peristiwa kehilangan seperti Anda dan baca atau dengar bagaimana ia mengatasi itu semua. Lihatlah hidup dia sekarang. Bayangkan jika dia tetap tenggelam dalam duka karena kehilangan, apakah dia mampu mencapai kesuksesan atau pretasi yang sekarang. Jauhilah mereka yang berfikian negatif dan tenggelam dalam kesedihan. Ingatlah mereka yang mampu move on dan pencapaian mereka daripada anda sibuk mengintip facebook mantan anda.

2. Carilah Fokus dan Target baru

Fokus dan target anda selama ini sebagian besar adalah ke kekasih anda. Sehingga begitu anda kehilangan dia maka seperti ada ruang kosong yang hampa dalam diri anda. Carilah fokus dan target baru. Dalam hal ini sebaiknya anda tidak terburu-buru mengisi ruang kosong itu dengan kekasih baru. Karena bisa jadi akan lebih menyakitkan. Fokus dan Target disini adalah semisal anda fokus belajar bahasa Inggris dengan target selama 6 bulan. Keasyikan fokus dan target baru ini pelan tapi pasti akan mampu menghilangkan kebiasaan anda terhadap kekasih anda. Atau mungkin anda bisa kembali ke hobi lama anda seperti blogging, hiking yang selama terbengkalai karena kalah prioritas.

3. Sayangi diri Anda

Stres adalah pemicu utama terjadinya kemunduran fisik termasuk penuaan dini. Bahwa stress karena kehilangan kekasih itu memang berat semua orang mengamini. Stress karena ingatan dan kerinduan akan romantisme sering membuat orang begitu terpuruk dan tak jarang mengabaikan resiko. Merokok dalam dosis yang lebih banyak dan begadang karena insomia adalah "hal ringan" dari efek stress. Dalam banyak kasus bahkan ada yang terjerumus dalam minuman keras, narkoba, kekerasan fisik dan hal-hal yang membahayakan kehidupan anda sendiri.
Mulailah menciptakan suasana rileks. Melakukan pijatan, aromaterapy atau belajar yoga dari video. Bagi yang mau menempuh jalur religius bisa melakukan doa-doa dan wiridan atau belajar agama. Rileks akan mengurangi stress bahkan menghilangkan sama sekali.

4. Awas efek Beruang Putih (white bear)

Seorang perokok yang mencoba mengusir dan menghilangkan hal tentang rokok dari fikirannya dipastikan akan berakhir dia akan merokok kembali. Demikian juga para pelaku diet yang mencoba melupakan soal coklat dipastikan dia akan melahap lebih banyak coklat lagi. Efek ini disebut Efek Beruang Putih atau White Bear Effect.
Jika muncul ingatan anda tentang kekasih anda, maka bersikaplah tenang. Jangan panik. Rileks sebisa mungkin dan mulailah berfikir tentang kondisi hubungan anda dan dia sekarang. Sadarilah dia telah pergi. Sadarilah dia bukan milik anda lagi. Jangan dilawan perasaan apapun yang muncul sekaligus jangan dituruti keinginan Anda untuk menghubungi dia lagi jika memang anda berniat melupakannya.
Lihatlah sekeliling anda, banyak orang yang peduli dan lebih sayang pada anda. Orang tua, saudara, teman, handai taulan dan lain lain. Saatnya bagi anda menyayangi mereka lebih dari biasanya.

0 Response to "4 cara ilmiah melupakan kekasih yang telah pergi (mantan)"