Cara menyikat gigi Anda - Mitos dan Realitas

Cara menyikat gigi Anda
Menyikat gigi dengan sikat gigi dan pasta gigi telah menjadi kebiasaaan kita setiap dan dengan itu kita memiliki keyakinan bahwa kita telah merawat kesehatan gigi kita. Yang jadi soal adalah, kita sering diajari bagaimana menyikat gigi, memilih pasta gigi dan sikat gigi serta segala hal tentang merawat gigi; baik oleh orang tua, guru maupun iklan. Tapi benarkah yang diajarkan pada kita itu?

Cara menyikat gigi Anda - Mitos dan Realitas


Gigi bayi tidak perlu dibersihkan.

Ini tidak benar. Gigi susu juga digunakan untuk mengunyah, yang menyebabkan kebutuhan untuk membersihkan gigi mereka secara reguler. Bersihkan gigi susu bayi sehabis makan, itu sudah cukup, Dan anada tidak perlu lagi membersihkan gigi mereka sebelum tidur.

Fluoride adalah komponen yang harus ada dalam pasta gigi.

Benar. Berkat flouride, email gigi menjadi lebih padat, mengurangi penyebaran bakteri dan perkembangan karies gigi. Jika fluoride dalam pasta gigi tidak ada, anda tidak perlu kawatir. Flouride ada bersama dalam makanan kita seperti dalam garam, susu, dll

Sikat gigi dengan bulu kaku membersihkan gigi lebih baik.

Ini relatif benar. Bulu kaku  akan membersihkan gigi lebih baik. Namun, bulu sikat gigi yang kaku juga berdampak pada permukaan gigi dapat menyebabkan masalah pengikisan email gigi dan menyebabkan gusi cedera. Jika keamanan menjadi prioritas, gunakan bulu lembut tapi pastikan anda menyikat gigi secara menyeluruh dan benar-benar bersih dari sisa-sisa makanan.

Sikat  gigi perlu diganti ketika bulu ada yang cacat/rusak

Ya, dalam hal ini, lebih baik untuk mengganti sikat gigi. Bulu sikat gigi yang cacat menyebabkan pergerakan sikat gigi tidak beraturan dan bisa menyebabkan luka gusi dan kurang bersihnya pembersihan. Walaupun tidak ada yang cacat, ganti sikat gigi anda maksimal 2 bulan sekali.

Gigi harus disikat setelah setiap selesai makan.

Idealnya itu seperti itu. Membersihkan sisa-sisa makanan dari mulut akan mengurangi risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Namun ada jenis makanan yang sebaiknya kita tidak langsung menyikat gigi setelah kita selesai memakannya. Makan makanan yang mengandung banyak asam sebaiknya kita tunggu sekitar setengah jam sebelum sikat gigi. Resika kerusakan email gigi yang terselimuti asam ( dan menjadi sedikit lunak ) akan berpotensi besar.

Permen karet dapat sebagai pengganti sikat gigi.

Memang ada benarnya. Tapi juga tidak bisa menggantikan seluruhnya. Karena permen karet juga tidak seluruhnya bisa menjangkau seluruh permukaan gigi.

Gigi yang buruk ditentukan oleh faktor keturunan.

Memang, faktor genetik mempengaruhi kesehatan gigi. Namun, ini tidak membenarkan sikap dan kebiasaan buruk kita terhadap. Faktor keturunan bisa kita atasi dengan perlakuan dan perawatan gigi yang baik dan benar.

0 Response to "Cara menyikat gigi Anda - Mitos dan Realitas"